Suport By : RIZKY KOMPUTER Jl. Mastrip Beji Boyolangu Tulungagung Melayani : Pengetikan, Rental, Servis, Scaner, Jual Beli, Shooting & Editing Video HP. 081335991179 (rizky komputer@kendalbulurboyolangu@yahoo.com)

Senin, 15 Februari 2010

PENGERTIAN TEATER

PENGERTIAN TEATER

Istilah drama yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu DRAM yang berarti gerak. Teater juga berasal dari Yunani, yaitu theatron yang diturunkan dari kata theaomai, yang mempunyai arti takjub melihat atau memandang.
Teater mewakili beberapa pengertian antara lain :
A. Teater sebagai gedung pertunjukkan
Mempertunjukkan permainannya yang disebut ‘panggung’ atau ‘pentas’ dan tempat bagi penonton yang menyaksikan pertunjukkan itu yang disebut ‘auditorium’. Tempat yang demikian bersifat tetap dinamai “teater”.
Kalau demikian, maka ada dua hal yang harus ada dalam teater yaitu : ‘stage’ (panggung/pentas) dan ‘auditorium’ (tempat bagi para penonton).

B. Teater sebagai pertunjukkan
a. Tontonan bangsawan
Pada mulanya tontonan ini dilangsungkan di kraton, untuk menghibur sang raja dan para bangsawan. Misalnya ‘Wayang wong’ di Jawa Tengah.

b. Tontonan jelata
Tontanan ini hidup di kalangan orang kebanyakan, dilangsungkan di lapangan, di lorong, atau di jalan-jalan. Misalnya ‘Longser’ di Jawa Barat.

C. Teater sebagai kerja kelompok
Teater sebagai seni yang paling obyektif, karena menghindangkan pengalaman-pengalaman batin dan pengalaman indra melalui ucapan dan laku. Karena untuk teater ini dubutuhkan seniman-seniman lainnya : pelaku, penulis naskah, sutradara, penata pentas, pakaian, lampu, shoreografer, seniman musik dan lain-lain. Unsur yang terpenting dari teater adalah : pelaku, naskah dan pentas.

D. Pertunjukkan yang mengandung unsur lakon (dram)
melihat pertunjukan dagelan atau lawakan bukan drama, sebab di dalamnya tidak ada lakon yang dibawakan ,hanya ada action-action yang aneh dan menggelikan. Sebaliknya pertunjukkan opera, pantomim, lenong, ludruk, ketoprak, wayang orang adalah drama, sebab mempunyai lakon, baik secara tulis atau secara improvisasi.

E. Hakekat drama
Hakekat drama sebagai seni antara lain dapat dipandang dari berbagai segi:
1) Bahwa drama adalah satu-satunya seni yang paling komplek.
2) Bahwa drama satu-satu seni yang paling obyektif.
3) Bahwa drama adalah satu-satunya seni yang paling kuat.
4) Bahwa drama adalah satu-satunya seni yang mempunyai organisasi kerja sama yang baik, antara seni yang satu dengan lainnya.
Suport By : RIZKY KOMPUTER Jl. Mastrip Beji Boyolangu Tulungagung Melayani : Pengetikan, Rental, Servis, Scaner, Jual Beli, Shooting & Editing Video HP. 081335991179

Tidak ada komentar:

Posting Komentar